Daisypath Happy Birthday tickers

Daisypath Happy Birthday tickers

Rabu, 08 April 2015

Pernah di suatu waktu saya mengeluh ke Ibu perihal sulitnya belajar bahasa Arab, "Baru kali ini, Bu, Nina dibikin susah nguasaain materi. Apalagi kalo ujian, dapet nilai tujuh aja udah sesuatu banget."

Ibu cuma menjawab, "Masih mending, Na, kamu masih ada guru buat ditanya, masih ada yang ngasih tahu."

Walaupun jawaban ini sederhana, tapi amat bermakna buat saya. Mengingat usia Ibu sudah setengah abad, mungkin jauh di hatinya ada keinginan kembali ke masa muda, memperlajari banyak hal dan bertanya ke guru. Sekarang Ibu cuma bisa belajar lewat radio, mendengarkan kajian pun nasihat dari ustadz-ustadz Rodja. Ibu pernah bilang, "Dulu jarang ada yang nasihatin Ibu buat pake jilbab dan emang jaman dulu kebanyakan perempuan pada gak pake jilbab ke sekolah. Kalaupun ada yang pake, itu pun cuma satu atau dua orang. Minoritas banget deh, dan emang dasarnya Ibu gak nanya ke guru tentang wajibnya muslimah berjilbab. Ibu itu orangnya pemalu, lebih milih kebanyakan orang. Coba kalau seandainya Ibu tahu dari dulu jilbab itu wajib, pasti Ibu lebih milih pake jilbab."

Nah, mengingat usia saya yang sebentar lagi masuk kepala dua, malu rasanya ngeluh gak jelas walaupun kenyataannya bahasa Arab memang butuh kesabaran ekstra buat dikuasai *hiks*. Alhamdulillah ada nasihat dibalik percakapan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar